-->

Jenis Melon Varietas Manis yang wajib anda ketahui

Jenis Melon Varietas Manis yang wajib anda ketahui

Untuk menghasilkan melon berkualitas selain faktor teknik bercocok tanam melon yang tepat baik secara konvensional maupun hidroponik, juga tak kalah pentingnya adalah bibit yang akan kita tanam. Bibit yang baik dan menyeusuaikan dengan keinginan pasar terutama pasar modern sangat perlu diperhatikan bagi yang ingin budidaya melon. Di Artikel sebelumnya saya sempat membahas mengenai Cara menanam melon supaya besar dan manis dan artikel kali ini adalah salah satu cara agar melon besar dan manis tentunya perlu menanam varietas yang manis pula bukan. Selain manis faktor lain saat anda menentukan akan menanam melon perlu diperhatikan juga ukuran buah, lama panen, aroma dan ketahanan terhadap hama dan penyakit. Berikut ini Contoh jenis melon varietas yang manis dan faktor-faktor penunjangnya sehingga anda tidak salah memilih bibit melon. 

1. Sky Rocket
melon varietas Sky Rocket

Jenis melon ini paling banyak ditanam petani. Saking dominannya sehingga identik dengan melon. Varietas ini paling cocok dengan iklim Indonesia. Buahnya manis, daging tebal, dan tahan penyakit.

2. Action 434
melon varietas Action 434

Melon ini telah beredar pada 1993. Bila sky rocket sedang surut, jenis inilah yang menggantikan. Penampilannya mirip sky rocket. Net (jaring) mudah terbentuk dan tebal merata. Buah besar 2kg— 4kg, berdaging manis, dan tahan penyimpanan. Tanaman tahan penyakit layu, downy mildew, powdery mildew, serta lalat buah. Umur panen 60hari.

3. New Action
Varietas ini masih amat baru sehingga belum banyak di pasaran. Kelebihannya, buah telah manis saat umur 50hst. Jaringnya pun telah terbentuk sempurna. Oleh karena itu, bila terserang hama dan penyakit sehingga mati pada umur itu, buah dapat dipanen dan dipasarkan. Umur panen sebenarnya 60hst—65hst.

4. Aroma 519
Varietas introduksi ini juga mirip sky rocket. Net mudah terbentuk, daging tebal, dan merata. Aroma sangat kuat dan harum sehingga diberi nama Aroma. Daging buah tebal, sangat manis, dan kuning kehijauan. Ia tahan terhadap downy mildew dan powdery mildew. Buah tahan pengangkutan.

5. Early Dew
melon varietas Early Dew

Jenis ini dapat dipanen pada umur 60hst. Pembentukan buah mudah, hasil panen tinggi dengan bobot buah 2,5kg—3,0kg. Rasa sangat manis dengan tingkat kemanisan 14%. Ia toleran terhadap penyakit downy mildew dan fusarium.

6. Golden melon

jenis melon varietas Golden

Si mungil ini lagi ramai ditanam untuk tujuan pasar premium. Dengan sosok kuning ia tampak eksklusif di antara melon biasa. Dagingnya putih kekuningan amat manis.

7. Dorado
jenis melon varietas Dorado

Buahnya yang kuning keemasan mudah terbentuk. Ukuran besar (2kg—2,5kg)/buah. Daging putih, tebal, amat lembut, berair, manis dengan tingkat kemanisan13%. Aroma tidak tajam. Daya simpannya lama, mencapai 20hari dan kuat diangkut. Varietas ini masa panennya 65hst—70hst.

8. Emerald Jewel

jenis melon varietas Emerald Jewel

Sosok melon ini sama dengan sky rocket. Bedanya, ukurannya besar dengan bobot mencapai 5,5kg, atau rata-rata 3kg—4kg. Daging buah putih. Rasanya manis dengan tingkat kemanisan 14%—15%. Melon ini dipanen pada 70hst.

9. Eagle
Ia menonjol karena kulitnya kuning keemasan. Bobot sekitar 3kg. Dagingnya putih dengan tingkat kemanisan 15%—17%. Pembentukan buah gampang. Ia tahan fusarium. Sayang umur panen 80hst.

Baca Juga : Cara menanam melon Sistem Hidroponik
10. Super salmon
Kulitnya halus, mulus, dan berwarna krem. Bobotnya 1,5—2kg. Bentuk oval. Daging oranye, lembut, manis, dan aroma kuat khas melon. Waktu panen 60hst—65hst. 

Selain jenis di atas masih ada varietas khusus pasar premium. Misalnya Golden honey, Prime honey, Sweet crunchy, Pearl honey, Honey sweet, dan Superior sweet. Anda tinggal memilih varietas dan sesuaikan pasar yang diincar.
LihatTutupKomentar